VISI:

Gereja Keuskupan Malang adalah persekutuan umat Allah dan terang dunia, yang merayakan Sabda Allah dan misteri keselamatan, mewartakan kabar gembira Kristus secara otentik dan berakar dalam budaya, melayani orang miskin secara integral, dalam bimbingan Roh Kudus menyimak tanda-tanda zaman, berdialog dan bekerjasama dengan masyarakat untuk membangun kerajaan Allah, yang terwujud pada komunitas basis insani, yang penuh kedamaian, keadilan dan cinta kasih.

MISI:

1. Menghayati imannya secara mendalam, dewasa dan mandiri sehingga hidup mereka menjadi kesaksian dan pewartaan kristiani yang otentik

2. Membangun komunitas basis gerejawi yang penghayatan dan iman kristianinya memiliki daya transformatif, kritis dan profetis.

3. Membangun diri sebagai komunitas partisipatif yang bertanggungjawab dalam mengembangkan persekutuaannya dan bekerjasama dalam perencanaan pastoral serta pelaksanaannya

4. Menumbuhkembangkan cita rasa sebagai anggota tubuh Gereja yang utuh dan langsung dari komunitas basis setempat, paroki dan Keuskupan. Sebagai bagian dari Gereja Universal, segenap umat Keuskupan Malang solider terhadap kesulitan Gereja-gereja partikular lain serta menolong mereka dengan memberikan tenaga klerus diosesan, awam atau menyediakan bantuan lain.

5. Mengakarkan iman pada budaya masyarakat setempat, sehingga iman dan budaya saling memperkaya. Memandang budaya, anugerah Sang Pencipta, sebagai sarana pewartaan dan lahan di mana benih-benih iman tertanam namun perlu ditumbuhkembangkan serta dimurnikan dalam terang Injil Kristus.

6. Mengembangkan karya-karya misioner dan pastoral yang inovatif, kontekstual dan menjangkau serta melibatkan semakin banyak orang sesuai dengan dinamika kehidupan mereka sendiri.

7. Mewartakan Injil dengan menjumpai pribadi-pribadi manusia di tempat mereka hidup, bekerja, berkomunitas dan mengisi waktu luang mereka dengan memanfaatkan segala sarana komunikasi modern.

8. Seturut teladan Kristus (Luk 4:18-19), melayani secara integral orang miskin dan membela yang tertindas dengan mengedepankan dan mempromosikan martabat dan hak-hak asasi manusia.

9. Memberikan kesaksian iman dan hidup yang disumberkan dari pesan-pesan injil dalam dialog dengan saudara-saudari yang berkeyakinan lain; bersikap solider, terbuka mendengarkan harapan dan kebutuhan mereka (bdk.Nostra Aetate) menggalang persaudaraan sejati dan menjadi rekan kerja dari semua orang yang berkehendak baik untuk bersama-sama menegakkan komunitas basis insani yang dijiwai oleh perdamaian, keadilan dan cinta kasih yang merupakan tanda kehadiran Kerajaan Allah.

0 komentar:


Post a Comment

Followers