Apa itu Konpendium Katekismus Gereja Katolik?  Yaitu ringkasan buku Kateskismus Gereja Katolik. Kompendium memberikan pandangan menyeluruh tentang semua panorama iman Katolik. KKGK terbit tahun 2005 di Roma, Italia dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh KWI pada tahun 2009. Disahkan oleh Paus Benedictus XVI tanggal 28 Juni 2005. KKGK menjadi sintesis yang cermat dan pasti dari Katekismus Gereja Katolik yang berisi semua unsur yang mendasar dari iman Gereja dalam bentuk ringkas.
Apa ciri khas KKGK? Karena KKGK itu ringkasan KGK, maka tidaklah mungkin memahami KKGK hanya dengan membacanya saja, tanpa ,menyandingkannya dengan Katekismus Gereja Katolik itu sendiri. Hal ini secara tegas dinyatakan dalam pengantar dari KKGK itu sendiri, “Kompendium ini bukanlah buku yang berdiri sendiri, bukan pula dimaksudkan untuk menggantikan Katekismus Gereja Katolik, melainkan justru secara konstan mengacu pada Katekismus itu dengan mencantumkan nomor-nomor acuan yang tertera pada tepi halaman, dan secara konsisten mengikuti struktur, perkembangan, dan isinya. Gaya bahasa yang dipakai berbentuk dialogis, yakni menggunakan model tanya-jawab agar pembaca mudah memahami dan menghapalkannya. Selain itu, KKGK juga menggunakan gambar-gambar yang berasal dari khazanah ikonografi kristiani. Melalui keindahan lukisan, para seniman dalam setiap zaman menampilkan fakta-fakta pokok misteri keselamatan menjadi permenungan dan kekaguman umat beriman.
Tujuannya apa? Ikhtisar ini, yang ringkas, jelas, dan menyeluruh, diperuntukkan bagi setiap orang yang hidup di dunia yang penuh kebingungan dan berbagai macam tawaran ini agar semakin mengenal Jalan Kehidupan, Kebenaran, yang dipercayakan Allah kepada Gereja Putera-Nya.


~Rm.  Henrikus Suwaji, O.Carm~

0 komentar:


Post a Comment

Followers