PAMARTA

Para umat sekalian,
Sebagai Pastor Paroki, saya merasa bangga dan sekaligus gembira dengan terbitnya Berita Paroki “Pamarta” . Melalui Pamarta kita bisa saling berkomunikasi; berbagi informasi, sehingga hidup paguyuban sebagaimana yang telah kita damba-dambakan akan terus bertumbuh dan akhirnya bisa berbuah masak. 
Menariknya lagi, gagasan Berita Paroki muncul dari pertemuan saya dengan beberapa tokoh umat dan obrolan dengan beberapa OMK (Orang Muda Katolik) yang mau menanggapi kerinduan dan kebutuhan umat. Sebab dengan adanya media informasi dan komunikasi ini pasti semakin banyak umat yang terlibat dalam hidup menggereja.
Nama “Pamarta” dipilih karena nama tersebut sesuai dengan nama paroki kita, yakni PAroki MARia annunciaTA. Selain itu, nama ini selaras dengan misi yang akan diemban oleh media informasi dan komunikasi ini, yakni menjadi pembawa berita umat beriman yang ada di paroki Maria Annunciata. Oleh karena itu, semua  gagasan, pemikiran dan kegiatan umat yang dapat mengembangkan hidup umat beriman,  bisa disampaikan di tempat ini.
Pamarta adalah dari umat, untuk umat. Mari kita sambut dan dukung kehadirannya dengan penuh sukacita. Dan semoga “Pamarta” dapat menjalankan tugas sesuai dengan misinya.
Selamat!



~Rm.  Henrikus Suwaji, O.Carm~

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

Apa itu Katekismus Gereja Katolik? Katekismus Gereja Katolik (KGK) ialah sebuah buku yang berisi tentang ajaran iman dan moral bagi orang katolik.
Setelah cukup lama menanti, akhirnya Gereja Katolik memiliki sebuah Katekismus yang cukup lengkap mengenai ajaran-ajaran Katolik dan moral. Dengan adanya Katekismus ini, umat dapat mempelajari apa yang diimaninya. Dan dengan berbekal pengetahuan yang benar, harapannya umat mampu merayakan, menghayati dan mendoakan apa yang telah diimaninya selama ini. Oleh karena itu, Katekismus harus menjadi acuan bagi seluruh umat Katolik untuk memahami dan menghayati imannya dengan baik dan benar.
Apa isi Katekismus Gereja Katolik? Kateskimus Gereja Katolik dibagi dalam empat bagian besar. Pertama, tentang  PENGAKUAN IMAN (LEX CREDENDI), yakni uraian mengenai iman yang diakui oleh Gereja yang didasarkan pada Pengakuan Para Rasul (Syahadat Iman).  Kedua, tentang PERAYAAN IMAN (LEX CELEBRANDI), yakni uraian mengenai perayaan sakramental. Ketiga, tentang MENGHIDUPI IMAN  (LEX VIVENDI), yakni uraian mengenai panggilan orang-orang yang sudah dibaptis untuk mewujudkan komitmen mereka terhadap iman yang mereka akui dan mereka rayakan  dalam tindakan nyata. Keempat, DOA UMAT BERIMAN (LEX ORANDI), yakni uraian mengenai pentingnya doa sebagai usaha mewujudkan dialog dengan Allah.

…..bersambung

BEKERJA SAMA
ATAU
SALING MENGHANCURKAN

Dua ekor sapi muda sedang merumput di padang. Mereka diikat bersama dengan seutas tali panjang. Pemilik sapi datang membawa dua tempayan air dan meletakkannya berjauhan agar kedua sapi muda itu tidak berebut ketika hendak minum.
Tak lama kemudian setelah petani pemilik sapi itu pergi, pertarungan sengit dimulai. Kedua ekor sapi itu ingin mencapai tempayannya masing-masing, tetapi tali yang mengikat mereka tidak cukup panjang untuk mencapai tempayan air.
Maka, mereka pun saling menyeret, menarik, dan menjungkir-balik. Amarah mereka semakin menjadi-jadi, hati mereka semakin memanas, dan mereka bermandi peluh . Akhirnya, setelah mengalami kelelahan yang tiada tara, merekapun berbaring melepaskan lelah, dan kini mereka semakin menderita kehausan lebih daripada sebelumnya.
Kemudian salah seekor sapi itu berkata kepada temannya, “Kita bertarung untuk sesuatu  yang tak berarti dan tak satu pun dari kita yang mendapatkan setetes air. Mengapa kita tidak bekerja sama, tetapi malah saling menghancurkan? Pertama, marilah kita berdua pergi meminum air di tempayanku. Kemudian kita akan kembali dan meminum air di tempayanmu.”
Dan itulah yang akhirnya mereka lakukan. Hal itu sungguh mengagumkan: mereka berdua meminum sepuasnya. Mereka telah belajar bagaimana bekerja sama.
~Bruno Hagspiel~

(Sobat COMA dan pengunjung setia COMA, tulisan yang ada di atas kami ambil dari Louncing, yang kami laksanakan hari ini. semoga bermanfaat bagi kitasemua)
Untuk Kalangan Sendiri

0 komentar:


Post a Comment

Followers